Abaikan, lanjutkan ke konten | Abaikan, lanjut ke navigasi

Anda di Beranda / Gaji / Kampanye Upah Minimum / Pelanggaran UMP

 

Jenis Pekerjaan Yang Pekerjanya Digaji Dibawah UMP

Upah Minimum dilanggar di beberapa provinsi di Indonesia. 19,1% dari 947 responden mengatakan bahwa mereka mendapat gaji dibawah Upah Minimum Provinsi (UMP). Hasil laporan didapat dari data Gajimu offline survei di 7 (tujuh) provinsi Indonesia

Offline survei yang dilakukan Gajimu telah mengumpulkan data sebanyakk 947 responden di 7 (tujuh) provinsi di Indonesia. Survei ini diisi oleh responden dari berbagai jenis pekerjaan di pasar tenaga kerja seperti guru / dosen, pedagang, sopir, petugas keamanan, pekerja konstruksi, logistik, penjualan dan petugas kebersihan.

Hasil dari survei menunjukkan bahwa 19,1% responden mengemukakan bahwa mereka mendapat gaji dibawah Upah Minimum rata-rata untuk 33 provinsi di Indonesia yaitu sebesar Rp. 976.025. Siapa saja yang mendapat gaji dibawah Upah Minimum? 60% diantaranya adalah pekerja laki-laki, mereka kebanyakan bekerja di sektor industri, transportasi, perdagangan dan perhotelan. Sementara 40% sisanya adalah pekerja perempuan yang berkonsentrasi di sektor pelayanan.

Bagan 1. Persentase Pelanggaran Upah Minimum per Provinsi di tahun 2010

Graph 2

Dalam bagan di atas terlihat bahwa pelanggaran upah minimum di 7 (tujuh) provinsi yang disurvei berkisar antara 2,6 % - 24,9% secara luas. Di Jawa Timur, hanya 1 (satu) dari 50 (lima puluh) responden atau lebih tepatnya 2,6% responden yang menerima gaji dibawah Upah Minimum Provinsi (UMP) yaitu sebesar Rp. 630.000.

Berbanding terbalik dengan ibukota Indonesia, Provinsi DKI Jakarta mengumpulkan sejumlah 24,9% responden yang berpenghasilan dibawah Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta sebesar Rp. 1.118.009. Sulawesi Utara muncul sebagai provinsi terbesar kedua yang melanggar kebijakan upah minimum.

Bagan 2. Persentasi Jenis Pekerjaan yang Pekerjanya Menerima Gadi Dibawah Upah Minimum Provinsi

Table 2

Provinsi Jawa Timur adalah satu-satunya provinsi yang tingkat pelanggaran Upah Minimumnya kecil. Persentasi pelanggaran Upah Minimum di setiap jenis pekerjaan semua dibawah 10% dari responden. Ditemukan banyak terjadi pelanggaran Upah Minimum setiap jenis pekerjaan di Papua Barat. 6 (enam) provinsi selain Jawa Timur masih butuh perbaikan lagi dalam mengaplikasikan kebijakan Upah Minimum. Jenis pekerjaaan tingkat dasar atau biasa kita sebut dengan pekerja kasar adalah jenis pekerjaan yang paling banyak terjadi pelanggaran Upah Minimum. Bisa kita lihat di bagan 2, lebih dari 35% responden pekerja kasar di enam Provinsi (Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Jakarta, Papua Barat, Sumatera Selatan) digaji dibawah UMP. Tenaga teknis merupakan jenis pekerjaan yang jarang pelanggaran Upah Minimum ditemukan, hanya sebanyak 8,3 % di Sumatera Utara. Hasil yang mengejutkan datang dari pekerjaan tenaga professional, ternyata masih banyak tenaga professional yang digaji dibawah UMP, terlebih lagi di provinsi Papua Barat dan Sulawesi Utara.

Untuk hasil laporan selengkapnya, Anda bisa mengunduh hasil laporan penelitian di Gajimu.com gratis. Semoga informasi yang kami sampaikan berguna bagi Anda, Jangan lupa isi survey gaji di Gajimu!

Sumber :

Perinelli, B., Beker, V.A. (2011). Minimum Wage non compliance in Indonesia. Wage Indicator report – July 2011. Amsterdam: WageIndicator Foundation

 

 

Berapa gaji Kamu ? Silakan isi di Survei Gaji

 

Konten terkait
Publikasi Terbaru
MenuFolder UMP 2011
Share |