Gajimu.com - Karir Tips untuk Orang dari Indonesia Gajimu.com - Pengobatan adil, serikat buruh, Hukum Perburuhan
You Share, We Compare

Daftar Gaji Jajaran Direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Besaran gaji dan tunjangan yang diterima oleh petinggi/jajaran direksi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Telkom dan Antam berdasarkan Laporan Keuangan Perusahaan Negara. Dan bagaimana menentukan rumusan gaji dan tunjangan bagi jajaran direksi BUMN.

Taukah Anda, bahwa gaji jajaran direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jauh lebih besar dari gaji Presiden Republik Indonesia yaitu sebesar Rp. 62.740.000/bulan. Perusahaan milik negara ternyata tak kalah hebat dalam memberi penghargaan kepada para manajemen puncaknya, hal ini terbukti pada besaran gaji yang diterima oleh direksi BUMN di Indonesia. Gaji Direktur Utama BUMN ada yang mencapai angka Rp. 600 - 700 juta per bulan, itu pun belum termasuk tantiem Rp. 1,8 miliar per orang. Kedua sumber itu merupakan pendapatan resmi yang disetujui dalam rapat umum pemegang saham.

Gajimu akan membahas lebih jauh mengenai besaran gaji yang diterima oleh masing-masing petinggi direksi BUMN seperti Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), PT. Telkom, PT. Aneka tambang, dsb. Dan kami juga akan memaparkan bagaimana menentukan rumusan gaji dan tunjangan bagi jajaran direksi dan honorarium untuk dewan komisaris perusahaan badan usaha milik negara (BUMN).

Berapa Gaji yang didapat oleh Direktur Utama maupun jajaran direksi perusahaan BUMN? 

NoNama PerusahaanJabatanGaji PokokGaji yang diterima/Take homepayKeterangan
1 Bank Mandiri Direktur Utama

Rp. 166.000.000/ bulan

(berdasarkan Keputusan pemegang saham 2009)

  Gaji yang diterima merupakan gaji pokok belum termasuk tunjangan-tunjangan
    Jajaran anggota Direksi  

Rp. 705.000.000/bulan

(berdasarkan Keputusan pemegang saham 2009)

Berikut ini perincian penghasilan 11 bos direksi Bank Mandiri selama setahun: Gaji Rp.27,57 miliar, Tunjangan Rp. 17, 51 miliar (mencakup Tunjangan Hari Raya (THR), cuti tahunan, kesehatan dan handphone) dan bonus Rp. 48 miliar. Jumlah itu setara dengan Rp. 7 miliar per tahun atau Rp.705 juta per bulan untuk setiap anggota Direksi. Itu belum termasuk fasilitas lain berupa perumahan Rp. 1 miliar, transportasi Rp. 3,87 miliar dan santunan Rp. 4,69 miliar per tahun untuk ke 11 anggota jajaran direksi.
2 Telkom Direktur Utama

Rp. 118.000.000/bulan

(berdasarkan kinerja keuangan 2009)

Rp. 602.000.000/bulan Penghasilan take home pay terdiri atas gaji, tunjangan, asuransi dan tunjangan lainnya. Dalam setahun, penghasilan Dirut Telkom mencapai sebesar Rp. 7,22 miliar
    Jajaran anggota Direksi  

Rp. 544.000.000/bulan

(berdasarkan kinerja keuangan 2009)

Seorang direktur Telkom rata-rata memperoleh penghasilan sebesar Rp. 6,53 miliar/tahun. Penghasilan itu terdiri atas gaji, tunjangan, asuransi dan tunjangan lainnya.
3 Bank Rakyat Indonesia Direktur Utama

Rp. 167.000.000/bulan

(berdasarkan Keputusan pemegang saham 2009)

  Penghasilan seorang direktur BRI tidak jauh berbeda dengan Mandiri.
    Jajaran anggota Direksi  

Rp. 333.000.000/bulan

(berdasarkan Keputusan pemegang saham 2009)

Gaji dan tunjangan bagi direksi BRI Rp. 40,3 miliar. Sehingga rata-rata direktur menerima penghasilan Rp. 4 miliar/tahun atau Rp. 333 juta/bulan. Itu belum termasuk bonus, insentif dan tantiem yang diterima direksi dan komisaris mencapai Rp. 159,9 miliar
4 Bank Negara Indonesia Jajaran anggota Direksi  

Rp. 314.000.000/bulan

(berdasarkan Keputusan pemegang saham 2009)

Gaji dan kompensasi diterima direksi dan komisaris pada 2009 sebesar Rp. 42 miliar. Penghasilan 9 direksi BNI diperkirakan Rp. 34 miliar selama 2009. Sehingga penghasilan direktur Rp. 3,7 miliar/tahun atau Rp. 314 juta /bulan. Namun, tidak ada penjelasan lebih jauh soal tunjangan dan beragam fasilitas yang diterima.
5 PT. Aneka Tambang Direktur Utama

Rp. 105.000.000/bulan

(berdasar RUPS 2009)

  Gaji yang diterima merupakan gaji pokok bersih belum termasuk tunjangan-tunjangan, bonus, insentif.
    Jajaran anggota Direksi  

Rp.  250.800.000/bulan

(berdasar RUPS 2009)

Jumlah gaji dan tunjangan lainnya untuk komisaris dan direksi perseroan sekitar Rp. 27,7 miliar/tahun pada Desember 2009. Dengan asumsi sekitar 65% dari total gaji dan tunjangan sekitar Rp. 18,06 miliar/tahun untuk direksi, maka untuk enam direksi BUMN Antam menerima gaji dan tunjangan Rp. 3,01 miliar/ tahun atau Rp. 250,8 juta /bulan.

6

PT. Timah Tbk Jajaran anggota Direksi   Rp. 80.000.000/bulan Jumlah gaji dan bonus 5 direksi PT. Timah sebesar Rp. 12,7 miliar dengan perincian gaji Rp. 4,8 miliar dan tantiem Rp. 7,8 miliar. Dari data tersebut, masing-masing direksi akan menerima gaji (belum termasuk bonus) minimal Rp. 962,2 juta/tahun atau sekitar Rp. 80 juta/bulan.

Apa saja jenis/komponen penghasilan dari jajaran direksi BUMN?

Indonesia mempunyai satu acuan khusus yang mengatur mengenai rumusan gaji dan tunjangan bagi jajaran direksi BUMN dan honorarium untuk dewan komisaris perusahaan badan usaha milik negara (BUMN), yaitu Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-02/MBU/06/2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri BUMN No. PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara.

Berdasarkan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-02/MBU/06/2016, penghasilan anggota direksi dapat terdiri dari :

  1. Gaji
  2. Tunjangan yang terdiri atas :
  • Tunjangan Hari Raya
  • Tunjangan Perumahan

3. Asuransi purna jabatan

Fasilitas yang terdiri atas

  • Fasilitas kendaraan
  • Fasilitas kesehatan
  • Fasilitas bantuan hukum
  • Fasilitas perumahan
  1. Tantiem/Insentif kerja, dimana dalam tantiem dapat diberikan tambahan berupa Penghargaan Jangka Panjang (Long Term Incentive)

Bagaimana pengaturan besarnya gaji direksi BUMN?

Besarnya gaji anggota direksi BUMN ditetapkan oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)/Menteri BUMN setiaptahun selama satu tahun buku sejak bulan Januari tahun berjalan.

Setiap tahun RUPS/Menteri dapat melakukan penyesuaian gaji anggota direksi BUMN terhadap dampak inflasi, yang penetapannya berlaku untuk seluruh BUMN. Faktor penyesuaian inflasi untuk perhitungan gaji anggota direksi BUMN setiap tahun ditetapkan oleh Sekretaris Kementerian BUMN yang besarnya dapat berkisar antara 0% sampai dengan 50% dari inflasi tahun sebelumnya berdasarkan penetapan Bank Indonesia atau instansi lain yang berwenang.

  

Apakah anggota direksi BUMN juga berhak atas Tunjangan Hari Raya? Bagaimana perhitungannya?

Ya, besaran THR untuk direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) megacu pada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-02/MBU/06/2016. Dalam pasal 1, huruf b disebutkan bahwa Anggota Direksi dapat diberikan THR sebesar 1 (satu) kali gaji

Bagaimana Permen No. PER-02/MBU/06/2016 mengatur mengenai tunjangan perumahan?

Tunjangan perumahan termasuk biaya utilitas diberikan secara bulanan sebesar 40% dari gaji, dengan ketentuan paling banyak sebesar :

  1. Rp. 27.500.000 untuk wilayah ibu kota Negara
  2. Rp. 25.000.000 untuk wilayah ibu kota Provinsi
  3. Rp. 22.500.000 untuk wilayah Kabupaten/Kota

Tunjangan perumahan hanya akan diberikan apabila BUMN tidak menyediakan fasilitas rumah jabatan direksi. Besarnya tunjangan perumahan disesuaikan berdasarkan keputusan Menteri.

Bagaimana pengaturan asuransi bagi para direksi BUMN?

Asuransi purna jabatan diberikan pada anggota direksi selama menjabat. Anggota Direksi dapat memilih sendiri program untuk asuransi purna jabatan. Perusahaan akan menanggung premi asuransi paling banyak 25% dari gaji dalam satu tahun, pemberian premi ini sudah termasuk premi untuk asuransi kecelakaan dan kematian.

Apakah anggota direksi BUMN berhak atas fasilitas kendaraan?

Ya, anggota direksi BUMN berhak atas 1 kendaraan dari perusahaan, termasuk biaya pemeliharaan dan operasional. Namun hal itu diberikan dengan memperhatikan kondisi keuangan perusahaan.

Apabila anggota direksi sudah tidak lagi menjabat, maka kendaraan wajib dikembalikan kepada BUMN bersangkutan dalam waktu paling lambat 30 hari setelah tidak menjabat.

Apakah anggota direksi dan keluarganya berhak atas fasilitas kesehatan (asuransi, penggantian biaya pengobatan, dll)?

Ya, fasilitas kesehatan diberikan kepada anggota Direksi beserta seorang istri/suami dan maksimal 3 orang anak yang belum mencapai usia 25 tahun.

Fasilitas kesehatan yang diberikan berupa :

  1. Rawat jalan dan obat
  2. Rawat inap dan obat
  3. Medical check up 1 kali setiap tahun dan dilakukan di dalam negeri

Anggota direksi BUMN juga berhak atas fasilitas perumahan, apa bedanya dengan tunjangan perumahan?

Apabila perusahaan menyediakan rumah jabatan bagi direksi, maka anggota direksi wajib mempergunakan rumah jabatan tersebut dan tidak diberikan tunjangan perumahan. Apabila perusahaan tidak menyediakan rumah jabatan, maka direksi yang bersangkutan diberikan tunjangan perumahan.

Apabila Direksi terkena kasus permasalahan hukum, apakah BUMN memberikan bantuan hukum?

Ya, fasilitas bantuan hukum diberikan dalam hal terjadi tindakan untuk dan atas nama jabatannya yang berkaitan dengan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perusahaan. Fasilitas bantuan hukum diberikan dalam bentuk pembiayaan jasa kantor pengacara/konsultan hukum yang meliputi proses pemeriksaan sebagai saksi, tersangka, dan terdakwa di lembaga peradilan. Jasa kantor pengacara yang dapat dibebankan pembiayaannya kepada perusahaan hanya untuk satu kantor pengacara dan untuk satu kasus tertentu.

Sumber:

Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-02/MBU/06/2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri BUMN No. PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara.

Daftar Gaji Bos BUMN part 1 

Daftar Gaji Bos BUMN part 2

Inilah Daftar Gaji Pejabat Negara 

Berapa gaji para direksi BUMN kita? 



Berapa gaji Kamu ? Silakan isi di Survei Gaji
© WageIndicator 2016 - Apabila mengutip halaman ini, cantumkan pada daftar sumber/referensi tulisan Anda - Gajimu.com - Daftar Gaji Jajaran Direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN)