Kesenjangan upah antar gender - Tanya Jawab

1. Apa yang dimaksud dengan kesenjangan upah antar gender?

Apa yang dimaksud dengan perbedaan upah?

Perbedaan upah adalah ketika seorang pekerja mendapatkan upah lebih dari yang lain. Perbedaan upah memang terjadi, selain perbedaan upah antara laki-laki dan perempuan, atau orang-orang dengan agama/kepercayaan yang berbeda dan juga orang-orang dengan warna kulit yang berbeda. Perbedaan upah tersebut bahkan mungkin dalam jumlah yang besar. Perbedaan upah sering terjadi karena individu yang memiliki pengalaman kerja lebih atau melakukan pekerjaan yang sangat berkualitas dapat menerima upah lebih banyak daripada individu yang tidak ada pendidikan atau fresh graduate di pasar tenaga kerja. Tapi apakah perbedaan upah ini adil?

Apa yang dimaksud dengan kesenjangan upah?

Kesenjangan upah terjadi ketika ada dua orang dalam satu perusahaan yang melakukan pekerjaan yang sama pada tingkat kualifikasi/jabatan yang sama akan tetapi dibayar tidak sama. Situasi kesenjangan upah seperti ini adalah illegal dan dianggap diskriminatif. Meskipun begitu, kesenjangan upah tetap masih banyak terjadi. Sebagai contoh, bayangkan situasi kerja ketika manajer menempatkan 'karyawan laki-laki yang pintar bicara' di skala upah 2, sedangkan manajer menempatkan 'karyawan perempuan yang pemalu' di skala upah 0, meskipun karyawan perempuan dan laki-laki sama-sama memenuhi syarat untuk mendapat upah yang setara. Sulit untuk mengatakan sampai batas mana kesenjangan upah terjadi. Untuk memperumit masalah: terkadang ada kasus perbedaan upah yang dikaitkan dengan penyebab yang bisa dimengerti, meskipun begitu dalam perbedaan upah pasti akan selalu ada faktor diskriminasi, dimana perbedaan upah yang tidak adil dapat menjadi kesenjangan upah.

Kesenjangan upah untuk pekerjaan yang sama mungkin terjadi dalam suatu tim atau departemen, perusahaan, dan cabang industri. Pekerjaan yang sama biasanya dibandingkan dalam hal kualifikasi yang dibutuhkan untuk melakukan eksekusi yang tepat. Jadi laki-laki dan perempuan yang melakukan pekerjaan yang sama, harus dihargai dan diperlakukan dengan setara, dan juga menerima upah yang sama. Ini berarti bahwa jenis status pekerjaan (karyawan tetap atau karyawan kontrak) atau durasi kerja mereka (paruh waktu atau fulltime) tidak bisa dijadikan alasan untuk remunerasi yang tidak sama.

Apakah yang dimaksud dengan diskriminasi upah?

Diskriminasi upah terjadi ketika individu dengan pendidikan yang sama dan pengalaman kerja yang sama melakukan pekerjaan yang sama, namun dibayar berbeda. Undang-Undang di sebagian besar negara-negara melarang diskriminasi upah atas dasar:

  • jenis kelamin dan karakter seksual
  • Kewarganegaraan
  • Usia
  • Status perkawinan
  • Keturunan
  • Negara asal
  • Ras
  • Agama/Kepercayaan.

Apakah adil ketika laki-laki mendapat upah yang lebih?

Perempuan di banyak negara rata-rata memiliki upah per jam jauh di bawah rekan kerja laki-laki mereka. Perbedaan upah ini bervariasi sebanyak 10-40%, dibandingkan dan dirata-rata dari seluruh penduduk yang bekerja dibagi berdasarkan gender. Secara formal perbedaan ini dicatat. Tapi apakah ini adil? Tidak, tidak selalu adil. Pada prakteknya perempuan tampaknya lebih sulit untuk mendapatkan upah yang lebih banyak. Para pekerja perempuan ini memiliki pekerjaan yang lebih banyak, bukan hanya pekerjaan untuk mencari uang, akan tetapi perempuan juga mempunyai pekerjaan rumah tangga. Belum lagi kasus dimana perempuan terkadang dilecehkan secara seksual oleh laki-laki, dengan konsekuensi karir. Banyak pekerja perempuan yang meninggalkan pekerjaan karena stress dengan hal ini. Selain kasus pelecehan seksual, masih banyak lagi alasan bagi para perempuan berpindah kerja/memilih karir yang berbeda. Baik laki-laki maupun perempuan menganggap pilihan karir yang berbeda ini cukup normal, namun konsekuensi jangka panjang dari pilihan karir perempuan yang berganti-ganti adalah pendapatan mereka akan selalu dibawah pekerja laki-laki.

Apakah adil ketika perempuan mendapat upah yang lebih?

Dalam beberapa profesi di beberapa negara dapat ditemukan dimana perempuan berpenghasilan lebih dari rekan kerja laki-laki mereka. Perempuan-perempuan ini harus memiliki pendidikan yang sama atau lebih baik dari laki-laki, bekerja penuh (fulltime) dan mampu menegosiasikan gaji mereka dengan baik. Perempuan modern seperti ini biasanya adalah perempuan yang relatif muda dan mereka sadar akan perbedaan gender yang terjadi di pasar tenaga kerja, untuk itu mereka mempersiapkan diri dengan menambah kualitas kerja mereka. Tapi perempuan modern seperti ini bisa dibilang jarang. Tidak ada satu negara pun dimana perempuan dari semua kelompok umur secara sistematis mengalahkan dan melebihi laki-laki dalam hal pendapatan yang mereka peroleh.

2. Bagaimana kesenjangan upah antar gender bisa terjadi?

Apa yang mendorong terjadinya kesenjangan upah?

Beberapa perbedaan upah atau kesenjangan upah muncul ketika individu dibayar secara diskriminatif. Diskriminasi tersebut dapat berakar pada ras, jenis kelamin, agama atau hanya merupakan subjektifitas dari atasan. Kesenjangan upah juga dapat terjadi sebagai bentuk konsekuensi dari aplikasi deskripsi kerja, pengelompokan upah dan pekerjaan yang cenderung terlalu santai. Untuk mengukur kesenjangan upah, penting untuk mengetahui deskripsi kerja yang mana yang digunakan untuk mengelompokkan pekerjaan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

Apa penyebab kesenjangan upah yang banyak terjadi?

Kesenjangan upah dapat tumbuh karena serangkaian pilihan individu dalam menghadapi dan membuat keputusan dalam kehidupan kerja mereka, seperti :

  • Pendidikan
  • Pekerjaan, profesi atau perdagangan
  • Sektor
  • Perusahaan besar atau kecil
  • Bekerja paruh waktu atau fulltime
  • Pelatihan tambahan pada pekerjaan.

Laki-laki dan perempuan biasanya membuat pilihan yang berbeda, pilihan ini biasanya terjadi karena gender, bukan berarti semua yang mendasari pilihan adalah kehendak bebas dari laki-laki atau perempuan. Sebagai contoh : Perempuan cenderung memilih pekerjaan yang lebih mudah dikombinasikan dengan kehidupan berkeluarga, misalnya jam kerja yang fleksibel atau bekerja paruh waktu. Atau perempuan memilih perusahaan/tempat kerja yang lokasinya di dekat rumah meskipun perusahaan yang di dekat rumah hanya perusahaan kecil dimana upah yang diberikan juga kecil dibandingkan dengan perusahaan besar.

Bagian terbesar dari kesenjangan upah antar gender disebabkan oleh pendidikan, pilihan pekerjaan dan sektor gabungan. Dan pertimbangkan ini : perbedaan upah bagi pekerja paruh waktu mungkin tidak banyak berbeda apabila upah diterima per hari, akan tetapi apabila dikalkulasikan selama sebulan, tentu upah yang diterima pekerja paruh waktu akan jauh berbeda dengan pekerja full time.

Kesenjangan upah antar gender meningkat berdasarkan usia

Dengan bertambahnya usia, kesenjangan upah antar gender akan semakin meluas. Hal ini tampaknya disebabkan oleh lebih dari sekedar (pilihan) pendidikan. Perempuan masa kini umumya memiliki tingkat pendidikan yang sama dengan laki-laki, hal ini sangatlah berbeda dari satu dekade yang lalu.

Kesenjangan upah juga disebabkan oleh fakta bahwa perempuan bekerja dengan jam kerja yang kurang dibandingkan laki-laki, dan jam kerja tersebut cenderung mengganggu karir para pekerja perempuan. Laki-laki sebaliknya cenderung memiliki jam kerja lebih panjang dan mencoba untuk menghindari cuti panjang (perempuan memiliki cuti hamil dimana mereka tidak dapat bekerja). Pengalaman dan waktu bekerja yang tidak terputus itu pasti akan memberikan kontribusi untuk pendapatan yang lebih tinggi dari perempuan.

Perbedaan besar muncul ketika laki-laki memilih untuk bekerja lebih lama agar lebih cepat mendapat promosi jabatan, sedangkan perempuan mengurangi jam kerja mereka dan menahan diri dari membangun karir mereka. Perbedaan ini diperbesar ketika perempuan memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan mereka untuk mengurus keluarga dan pada masa pensiun, suami harus berhenti bekerja dan hanya menerima pensiun. Jika suami memiliki pensiun yang cukup besar, seharusnya tidak ada masalah. Lalu bagaimana nasibnya dengan perempuan yang ditinggal suami karena bercerai atau suami meninggal? Perempuan yang bergantung secara finansial kepada suami akan sangat sulit untuk menghidupi keluarganya, sehingga bisa jatuh miskin.

Kesenjangan upah dapat terjadi langsung dari pekerjaan pertama

Besarnya gaji akan diputuskan berdasarkan negosiasi yang dilakukan di awal pekerjaan, perempuan yang tidak menegosiasikan gajinya tentu akan mendapat gaji dibawah laki-laki yang menegosiasikan gajinya. Setiap pemberi kerja baru akan menanyakan mengenai pendapatan sebelumnya, sehingga kesalahan tidak menegosiasikan gaji akan memiliki dampak selama bertahun-tahun.

Perbedaan upah, evaluasi pekerjaan dan peringkat kerja

Evaluasi pekerjaan adalah cara sistematis untuk membandingkan pekerjaan dalam perusahaan dan / atau cabang industri. Dengan demikian, pekerjaan bisa dianggap berasal dari tugas, kompetensi dan tanggung jawab. Aspek-aspek ini pada gilirannya akan ditimbang, dan meberikan poin. Dengan cara ini hirarki seluruh posisi pekerjaan yang dirancang, dimana masing-masing posisi mempunyai poin tertentu. Poin-poin ini kemudian digunakan untuk evalusi kerja, dan hasil dari evaluasi kerja nantinya dapat memperbaiki jumlah upah yang diterima. Sistem kerja yang modern biasanya netral antar gender, yang berarti bahwa kualifikasi laki-laki tidak dinilai lebih tinggi dibanding kualifikasi perempuan - dan sebaliknya. Beragam 'subjektifitas' tidak bisa lagi dipakai untuk dasar dari promosi atau demosi.

Perbedaan upah, skala pekerjaan dan fasilitas tambahan

Apabila evaluasi pekerjaan dan sistem rating sudah diaplikasikan, maka skala upah tidak sulit. Namun yang sering terjadi adalah perempuan mendapat skala upah yang sesuai dengan kemampuan mereka, akan tetapi laki-laki mendapat skala upah yang lebih tinggi dari kemampuan mereka. Laki-laki mendapat fasilitas tambahan seperti mobil, telepon gratis, bonus, dll. Perbedaan tersebut terjadi karena perempuan bekerja dengan jam yang lebih sedikit dibanding laki-laki sehingga tidak punya daya tawar untuk meminta fasilitas tambahan. Hal ini secara otomatis diasumsikan bahwa perempuan tidak membutuhkan fasilitas tambahan tersebut dimana laki-laki justru memerlukannya karena ia adalah pencari nafkah utama pendapatan keluarga, yang kemudian tumbuh menjadi kesenjangan akan upah antar gender.

Perbedaan upah, di perusahaan besar dan kecil

Sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar untuk membayar karyawannya lebih besar, apalagi untuk perusahaan multinasional. Tapi aturan ini tidak secara otomatis berlaku untuk organisasi besar seperti instansi pemerintah, sekolah, perdagangan atau rumah sakit. Organisasi tersebut memang tergolong besar, akan tetapi tingkat upah mereka tidak setara dengan sektor komersial. Di sisi lain, biasanya organisasi seperti ini atau perusahaan kecil yang biasanya menawarkan peraturan yang lebih fleksibel untuk menggabungkan kerja dan kehidupan keluarga. Fakta ini menunjukkan bahwa relatif lebih banyak perempuan bekerja di sektor-sektor perdagangan, sekolah dan rumah sakit daripada laki-laki.

Dalam perusahaan yang lebih kecil biasanya upah juga lebih rendah. Upah yang lebih rendah ini terkadang diimbangi dengan kedekatan tempat kerja sehingga menghemat waktu untuk bepergian ke tempat kerja, yang nyaman bagi kehidupan keluarga. Aspek-aspek ini dapat berkontribusi pada fakta statistik yang mengatakan bahwa perempuan rata-rata mau bekerja untuk dengan upah yang lebih rendah dari laki-laki. Meskipun perempuan dapat mendapatkan penghasilan yang lebih besar di perusahaan besar, tetapi mereka harus membayarnya dengan kehidupan keluarga mereka.

Perbedaan upah dan penghalang karir seseorang

Karyawan dengan pendidikan profesional yang solid disarankan untuk terus bekerja, menghasilkan uang dari keterampilan mereka dan mengumpulkan pengalaman. Apabila mereka berhenti, itu akan mengganggu karir mereka. Berhenti bekerja untuk periode berbulan-bulan tentu akan mempengaruhi upah dan peluang karir di masa depan. Sangat susah apabila kita ingin kembali bekerja pada posisi yang sama setelah berhenti bekerja selama beberapa tahun.

Berhenti bekerja juga dapat berakibat buruk bagi pensiun pekerja nantinya.

Perbedaan upah dan pelatihan kerja

Kesempatan untuk mengikuti pelatihan kerja tambahan untuk pekerjaan, mungkin akan menguntungkan dan menyebabkan peningkatan upah seseorang. Beberapa perusahaan ada menyediakan dan membayar pelatihan kerja bagi para karyawannya. Ada juga perusahaan yang menutup mata, semua bergantung pada kebijakan ataupun perjanjian kerja bersama dalam suatu perusahaan. Yang jadi masalah adalah saat perempuan harus menolak kesempatan untuk mendapat pelatihan kerja karena kehidupan keluarga, sehingga kesempatan mengikuti pelatihan kerja pun jatuh kepada laki-laki.

Perbedaan upah dan bekerja paruh waktu

Ketika upah rendah berlaku di suatu perusahaan, siapa saja yang bisa bekerja dengan upah lebih rendah, itulah yang dipekerjakan. Biasanya perempuan rela dibayar lebih rendah dengan bekerja paruh waktu, dengan bekerja paruh waktu tentunya akan merugikan bagi pendapatan yang diterima setiap bulannya, belum lagi pekerja yang bekerja paruh waktu biasanya tidak mendapat perlindungan/jaminan dari perusahaan.

Akan tetapi, baik kerja fulltime maupun paruh waktu memiliki kelebihannya masing dimana bekerja fulltime mendapatkan fasilitas tambahan seperti kredit mobil atau pelatihan kerja, di sisi lain bekerja paruh waktu memungkinkan untuk menjalani hidup yang lebih santai. Bisa dibilang kerja paruh waktu lebih baik dibanding tidak bekerja sama sekali.

Kesimpulannya : masing-masing jenis waktu kerja memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi hal itu menjadi pilihan bagi seseorang untuk memilih mana yang lebih cocok dan sesuai bagi karirnya.

Posisi eksekutif dan perbedaan upah

Tidak semua posisi eksekutif dibayar (jauh) lebih baik. Dengan posisi sebagai atasan/supervisor mungkin dapat meningkatkan kekuasaan seseorang, akan tetapi belum tentu dapat meningkatkan upah yang diterima khususnya di perusahaan kecil dengan hanya segelintir orang yang bekerja di posisi manajemen. Sebagai contoh : sekolah tergolong organisasi kecil yang relatif datar dimana banyak perempuan yang dipekerjakan. Di organisasi kecil yang cenderung datar ini manajemen tidak dibayar lebih. Sebaliknya, perusahaan yang sangat kompleks biasanya menawarkan (banyak) peluang karier yang lebih.

3. Apa yang dapat dilakukan mengenai perbedaan upah?

Perbedaan upah dan transparansi

Publikasi mengenai upah dan gaji oleh perusahaan atau cabang industri dalam bentuk perjanjian kerja bersama akan bisa mencegah adanya perbedaan/kesenjangan upah. Memeriksa gaji di Gajimu.com juga dapat membantu.

Ketika Anda mengalami sedikit indikasi mengenai perbedaan upah, Anda dapat mencari tau informasi seputar kesenjangan upah di Gajimu.com dan mengkonsultasikan masalah Anda ke kolega maupun Serikat Pekerja yang ada di perusahaan Anda.

Perbedaan upah dan tindakan (sosial)

Ketika kesenjangan upah antar gender yang terjadi susah terlalu luas dan besar, maka pekerja, anggota keluarga pekerja, Serikat Pekerja, Asosiasi Pengusaha, Perusahaan, partai politik, DPR dan pemerintah dapat mengambil tindakan dan melakukan sesuatu untuk menanggulangi masalah tersebut.

Ketika Anda sebagai seorang perempuan mendapatkan upah yang kurang dari rekan laki-laki Anda untuk pekerjaan yang sama dengan keterampilan yang sama, Anda bebas untuk memulai tindakan hukum. Ini bukan jalan yang mudah, tetapi Anda dapat meminta bantuan dari Serikat Pekerja dan berkonsultasi Gajimu!

Apa yang dapat dilakukan perempuan mengenai kesenjangan upah antar gender?

Ketika Anda sebagai pekerja perempuan dan Anda berpendapat bahwa mendapatkan upah yang lebih tinggi untuk sekarang dan di masa depan adalah penting, maka pertimbangkan hal berikut :

  1. Pilih pendidikan yang sesuai dengan banyaknya permintaan

  2. Selesaikan pendidikan Anda (dapatkan ijazah Anda!)

  3. Pilih sektor kerja yang kira-kira membayar upah lebih tinggi (seni rupa dibayar lebih rendah dibanding kesehatan)

  4. Pilih pekerjaan yang mempunyai banyak sisi, pelajari keterampilan dari pekerjaan tersebut yang bisa diaplikasikan ke banyak jenis pekerjaan lainnya

  5. Pilih pasangan yang mendukung Anda untuk bekerja

6.Jika memulai berkeluarga, pilih pasangan yang mendukung Anda untuk bekerja dan membagi pekerjaan rumah tangga

  1. Jika memungkinkan, jangan pernah berhenti bekerja, apabila keadaan mengharuskan Anda berhenti kerja fulltime, tetap pilih jenis pekerjaan paruh waktu

  2. Pilih perusahaan besar yang menyediakan fasilitas penitipan anak

  3. Ketika Anda mempunyai anak, pilih pekerjaan di perusaan lokal kecil di dekat rumah, sehingga mengurangi waktu bepergian sehingga mempermudah menyeimbangkan karir dan keluarga

  4. Negosiasikan gaji Anda di setiap pilihan karir/perusahaan baru

  5. Diskusikan karir Anda dengan pasangan, anggota keluarga, kolega secara teratur

  6. Terus belajar dan gunakan kesempatan pelatihan kerja yang ditawarkan perusahaan. Pasar tenaga kerja akan terus berubah dengan cepat, asah terus kemampuan dan keterampilan Anda sehingga tidak kalah dengan generasi baru

  7. Perhatikan tabungan pensiun Anda.

Perbedaan upah akan selalu terjadi dan tidak dapat dihindarkan. Kesenjangan upah yang besar bukan cuma masalah individual melainkan masalah masyarakat di seluruh negara. Lihatlah jenis pekerjaan apa yang banyak diminta, hal ini bisa menentukan pendidikan yang dapat Anda ambil. Beberapa pekerjaan dan/atau beberapa sektor kerja membayar lebih besar dari sektor lainnya. Jadi rencanakan karir Anda sejak dini! Anda juga harus berhati-hati dan teliti dalam menemukan perbedaan upah yang dapat menjadi masalah lebih besar seperti diskriminasi upah yang dilarang oleh Undang-Undang.

Bagaimana perempuan bisa mendapat penghasilan yang lebih?

Bekerja fulltime adalah jawaban terbaik, karena dengan bekerja fulltime akan meningkatkan kesempatan untuk mendapat pelatihan, promosi dan posisi eksekutif. Mulai dengan membandingkan jenis dan sektor pekerjaan saat memilih karir awal. Beberapa jenis pekerjaan membayar dengan upah yang lebih tinggi - tetapi itu juga disebabkan mereka menyaratkan pendidikan tinggi.

Apa yang dapat dilakukan anggota keluarga dan kolega dalam memerangi perbedaan upah?

Ketika seorang laki-laki dan perempuan, memiliki keluarga, setuju bahwa masing-masing harus memiliki kehidupan kerja dan berusaha untuk kemandirian finansial individu, maka harus diciptakan kondisi yang memungkinkan masing-masing memiliki bagian yang sama dalam tugas-tugas keluarga dan merawat anak-anak mereka. Dan karena kebanyakan pekerja laki-laki dan perempuan memiliki keluarga, rekan-rekan mereka mungkin menghadapi masalah yang sama.

Untuk itu, mungkin akan menjadi lebih mudah untuk mengevaluasi langkah karir dan melihat apakah ketika kedua orang tua bekerja akan memberikan konsekuensi yang positif atau negatif dalam hal pendapatan keluarga

Susah mungkin, karena setiap individu harus berkompetisi dalam lingkungan kerja mereka sendiri karena rata-rata pekerja berkeluarga mempunyai masalah yang sama.

Apa yang dapat dilakukan oleh pengusaha terhadap perbedaan upah?

Pengusaha setidaknya dapat memberikan transparansi upah dan memperhatikan peluang promosi yang adil bagi laki-laki dan perempuan. Pengusaha juga dapat memfasilitasi bagi pekerja perempuan khususnya untuk menyeimbangkan kerja dan kehidupan keluarga, terutama ketika anak-anak masih kecil. Sebagai contoh, menawarkan pengaturan jam kerja yang fleksibel. Pengusaha dapat mencegah PHK pekerja perempuan yang hamil dan menciptakan kondisi kerja yang aman dan sehat bagi pekerja perempuan yang hamil. Pengusaha juga dapat memonitor skala upah laki-laki dan perempuan, mencoba untuk menghindari kesenjangan upah berdasarkan gender.

Pengusaha dapat membuat perjanjian kerja bersama yang terbuka untuk jam kerja yang fleksibel dan kesempatan kerja saat ini dan di masa depan.

Apa yang dapat dilakukan oleh Serikat Pekerja dan Asosiasi pengusaha terhadap perbedaan upah?

Kedua organisasi dapat menyetujui perjanjian bahwa kesenjangan upah antar gender dalam suatu perusahaan tidak akan melampaui tingkat tertentu (yang sudah disepakati keduanya). Keduanya dapat memohon untuk peraturan yang mudah untuk metegakkan.

Kedua organisasi mempunyai kepentingan dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang mengizinkan perempuan untuk mengembangkan karirnya

Apa yang dapat dilakukan oleh organisasi politik, DPR dan pemerintah terhadap perbedaan upah?

Perbedaan upah antar gender dapat menjadi topik permanen yang diperdebatkan pada agenda sosial-ekonomi dan politik. Organisasi politik, DPR dan pemerintah, dari peran, tanggung jawab dan posisi dapat mengarahkan perhatian dan membantu dalam:

  • Penciptaan keseimbangan karir dan keluarga yang baik bagi pekerja, khususnya pekerja perempuan
  • Penyediaan pendidikan dan pelatihan yang memadai untuk semua kelompok umur.

Perempuan, pasangan mereka, anggota keluarga, kolega, partner sosial, partai politik, DPR dan pemerintah memiliki kepentingan pada perempuan yang berpendidikan, dimana masyarakat menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka, mereka mendapatkan pendapatan mereka sendiri, membayar pajak dan mendapatkan kemandirian ekonomi saat melakukannya.

4. Bagaimana cara melamar pekerjaan?

Apa pekerjaan yang tipikal bagi perempuan?

Tidak ada batas antara pekerjaan laki-laki dan perempuan. Pada prakteknya perbedaan yang terjadi bermuara dari pekerjaan di mana perempuan bekerja di pekerjaan dengan mayoritas laki-laki. Dari sudut pandang ini, pekerjaan tipikal bagi para perempuan antara lain adalah : pekerja rumah tangga, pengasuh, perawat, pelayan toko, pelayan, kasir, guru, sekretaris, resepsionis, petugas administrasi atau operator logistik. Upah yang diterima untuk jenis pekerjaan ini relatif rendah dan posisi jabatan menawarkan sedikit sekali ruang agar karir tumbuh lebih lanjut. Sebaliknya ada beberapa pekerjaan dan posisi di mana perempuan dengan pendidikan tinggi unggul dan dibayar dengan baik: pengacara dan hakim, PR dan pemasaran, komunikasi dan pakar media.

Lakukan Cek Gaji di situs ini untuk mengetahui dan membandingkan kisaran gaji dari beberapa macam jenis pekerjaan

Apa sektor kerja yang tipikal bagi perempuan?

Sama halnya dengan jenis pekerjaan, tidak mudah untuk menentukan dengan tepat sektor kerja untuk laki-laki dan perempuan. Akan tetapi bisa kita lihat bahwa perempuan rata-rata mendominasi sektor kerja kebersihan, perawatan (kesehatan), hotel dan katering, retail, pendidikan dan pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi dan kesekretariatan

Lakukan Cek Gaji di situs ini untuk mengetahui dan membandingkan kisaran gaji dari beberapa macam jenis pekerjaan

Apakah ada perbedaan upah antara sektor kerja laki-laki dan perempuan?

Dikarenakan sektor kerja yang didominasi laki-laki, keberadaan laki-laki mengalahkan perempuan yang dipekerjakan di sektor tersebut, maka tingkat upah di sektor kerja laki-laki lebih tinggi dibanding dengan sektor kerja yang didominasi perempuan

Lakukan Cek Gaji di situs ini untuk mengetahui dan membandingkan kisaran gaji dari beberapa macam jenis pekerjaan

Apakah perusahaan multinasional membayar upah lebih baik?

Perusahaan multinasional hampir selalu adalah perusahaan saham yang besar. Karena mereka merupakan perusahaan besar maka mereka membayar karyawannya dengan upah lebih baik. Kekurangannya adalah mereka membutuhkan karyawan mereka untuk kerja dalam waktu yang lama; dan jam kerja lembur yang melebihi jam kerja seharusnya ini biasanya tidak dikompensasi dengan upah lembur. Bagian dari pendapatan yang mereka tawarkan dapat terdiri dari keuntungan sahan dan / atau bonus tahunan, mungkin dibayar dalam bentuk saham perusahaan.

Apakah ada perbedaan upah antara sektor publik dan swasta?

Secara umum perbedaan upah di sektor publik cenderung lebih kecil daripada di sektor swasta. Pekerjaan paling berkualitas di sektor publik biasanya dibayar agak lebih baik, dan pekerjaan atas agak kurang bila dibandingkan dengan sektor swasta.

Apakah sektor kerja perempuan lebih menguntungkan bagi orang tua yang bekerja?

Sektor kerja yang didominasi perempuan menawarkan lebih (banyak) kerja paruh waktu dan pekerjaan dalam jumlah kecil. Selain itu, sektor kerja ini menawarkan jam kerja yang fleksibel.

Mengapa kontrak kerja tetap harus lebih diutamakan?

Kontrak kerja tetap biasanya membayar upah yang lebih baik dibandingkan dengan kontrak kerja waktu tertentu atau kontrak kerja yang fleksibel. Tentunya tidak semua jenis pekerjaan akan diberikan kontrak kerja tetap, akan tetapi dengan adanya kontrak kerja tetap maka status pekerjaan akan lebih terjamin.

Apa isi yang dibutuhkan untuk membuat kontrak yang baik?

Kontrak kerja selalu menyebutkan nama dan alamat pihak kontraktor, tanggal dimulai dan berakhirnya kontrak (periode kontrak), upah atau gaji, jam kerja, jenis pekerjaan, masa percobaan dan pemberitahuan. Agar menjadi sah, sebuah kontrak harus ditandatangani oleh kedua belah pihak yang bersangkutan, dalam hal ini pekerja dan pengusaha

Bagaimana menghargai kondisi kerja sekunder (pengeluaran yang berkaitan dengan pekerjaan, mobil kantor, handphone gratis, kesempatan mendapat pelatihan, dll)

Selain gaji dan jam kerja, kontrak kerja biasanya juga berisi kondisi kerja sekunder. Seringkali ini tidak dihargai dalam bentuk uang, namun bernilai uang. Contoh dari kondisi kerja sekunder adalah : penggantian biaya yang berhubungan dengan pekerjaan, (sewa) mobil atau handphone gratis, akses ke pelatihan kerja,cuti berbayar, upah di atas UMP, jam kerja yang fleksibel, pilihan untuk bekerja dari rumah, dll

Apa yang harus dimasukkan dalam CV?

  • Nama dan alamat pribadi Anda
  • Update terakhir dari CV Anda
  • Pendidikan dan pelatihan yang pernah Anda ikuti, bukan hanya yang terkait dengan pekerjaan
  • Kegiatan sosial sebagai tanda komitmen Anda, termasuk pekerjaan sukarela dan magang
  • Kemampuan bahasa, aktif dan pasif (mampu membaca dan memahami)
  • Keterampilan komputer
  • Media sosial mengetahui bagaimana menggunakannya agar bermanfaat

Untuk lebih lanjut tentang CV cek Monster.com

Apa yang dapat menjadikan surat lamaran Anda menjadi bagus?

Sebuah surat lamaran akan menyertai CV Anda. Surat lamaran harus singkat dan pendek. Surat lamaran akan memberikan informasi mengenai motivasi pribadi pelamar kerja, membuat jelas bahwa Anda memahami apa fungsi pekerjaan atau posisi yang ditawarkan oleh perusahaan pemberi kerja. Anda harus bisa menempatkan diri pada posisi perusahaan, memahami kebutuhan dan / atau tuntutan perusahaan, sehingga Anda dapat memberikan kualitas yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perusahaan. Surat itu harus sesuai dengan standar yang biasa, diberi tanggal dan ditandatangani, bahkan surat tersebut dikirim lewat email (yang sudah sering dilakukan saat ini)

Untuk lebih lanjut tentang surat lamaran cek Monster.com

Apakah penampilan berperan besar?

Penampilan yang bersih dan rapi tentunya akan berperan dalam melamar pekerjaan. Datanglah ke tempat wawancara kerja dengan pakaian yang bersih dan rapi.

Jangan malu-malu untuk bertanya kepada teman dan keluarga apakah pakaian, gaya rambut, aksesoris apa yang cocok untuk dikenakan saat wawancara kerja.

Mengapa harus menegosiasikan gaji Anda?

Semua orang bebas untuk bernegosiasi, negosiasi gaji adalah tindakan yang tepat untuk dilakukan. Untuk itu sebelum melakukan negosiasi gaji dengan perusahaan, siapkan diri Anda dengan berkonsultasi dengan teman, keluarga, kolega dan mencari tahu informasi secara online. Anda bisa menggunakan situs ini untuk memeriksa kisaran gaji untuk jenis pekerjaan tertentu. Anda juga bisa mencari informasi mengenai hak pekerja maupun contoh Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Buatlah daftar mengenai apa yang penting untuk Anda dapatkan dan apa yang tidak terlalu penting. Berlatihlah sebelum Anda bernegosiasi dengan perusahaan.

Sadarlah bahwa hasil dari negosiasi tersebut penting. Meskipun pertemuan yang baik dan lancar dengan pihak perusahaan tetapi tidak menghasilkan hasil yang tertera dalam kontrak, menjadi tidak penting.

Pendapat bahwa perempuan tidak harus bernegosiasi benar-benar pendapat masa lalu. Di banyak negara, di banyak perusahaan besar, perempuan sudah berada di posisi jabatan bagian atas. Mengapa mereka bisa naik ke jabatan tinggi? Karena mereka bernegosiasi.

Penilaian prestasi kerja dan perbedaan upah

Dalam perusahaan besar, penilaian prestasi kerja sudah menjadi hal biasa. Penilaian ini harus ditanggapi dengan serius, karena pendapatan dan karir Anda akan bergantung pada penilaian tersebut. Cek Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan/atau peraturan perusahaan sebelumnya. Momen dimana penilaian prestasi kerja dilakukan adalah saat ideal bagi Anda apabila ingin bernegosiasi untuk kesempatan yang lebih banyak dan posisi yang lebih tinggi. Untuk itu yang perlu Anda lakukan adalah : buat daftar apa yang Anda inginkan, upah yang lebih tinggi, cuti yang lebih banyak, akses ke pelatihan kerja?

Sadarilah bahwa setiap langkah kecil ke depan selama negosiasi ini adalah anak tangga menaiki tangga karir, dan terus menambah jumlah kumulatif selama bertahun-tahun ke depan.

Mengapa bernegosiasi tentang upah dalam pekerjaan kecil?

Pekerjaan kecil bukan berarti tidak penting karena kecil. Ketika mempersiapkan negosiasi, periksa apakah ada kemungkinan untuk mendapat posisi yang lebih tinggi atau mendapat tanggung jawab yang lebih. Cobalah untuk melihat apakah perusahaan/pengusaha akan menawarkan kesempatan pelatihan, skema manfaat pensiun, upah lembur, kompensasi penggantian upah yang berhubungan dengan pekerjaan, manfaat untuk anak, dll.

© WageIndicator 2017 - Apabila mengutip halaman ini, cantumkan pada daftar sumber/referensi tulisan Anda - Gajimu.com - Kesenjangan upah antar gender - Tanya Jawab