Abaikan, lanjutkan ke konten | Abaikan, lanjut ke navigasi

Anda di Beranda / Gaji / Kisaran Gaji / Analis Kredit

 

Menganalisa Karir Analis Kredit

Apa menjadi analis kredit/credit analyst merupakan incaran karir Anda? Apabila iya, cari tau berapa gaji yang dihasilkan dan fasilitas yang bisa didapatkan analis kredit/credit analyst sesuai dengan tahun pengalaman kerja dan tingkat pendidikan

Apabila kita berjalan di suatu pertokoan/mall pasti ada saja yang menawarkan pembuatan kartu kredit. Pembayaran secara kredit memang “mempermudah” kita dalam membeli barang-barang yang harganya jauh diluar jangkauan kita saat itu karena bisa dicicil dalam beberapa bulan/tahun ke depan. Di Indonesia, pasar jasa peminjaman uang semakin luas, maka profesi sebagai analis kredit/credit analyst pun mulai mewabah.

Sebelum memutuskan pilihan karir sebagai analis kredit/credit analyst, tak ada salahnya apabila kita melihat terlebih dahulu gaji dan fasilitas apa yang bisa didapatkan seorang analis kredit/credit analyst berdasarkan survei Gajimu.

Bagan 1. Gaji/Bayaran Analis Kredit rata-rata per bulan dilihat dari tahun pengalaman

Jenis Pekerjaan Tahun Pengalaman
Tidak ada pengalaman (dalam Rupiah) Kurang dari 5 tahun (dalam Rupiah) 5 – 10 tahun (dalam Rupiah) Lebih dari 10 tahun (dalam Rupiah)
Analis Kredit (credit analyst) 1.830.953 2.021.493– 2.633.823 3.452.976– 4.689.080 > 4.904.908

 

Lalu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Berikut adalah bagan-bagan keuntungan/ fasilitas yang bisa didapat dari pekerjaan sebagai analis kredit/credit analyst

Bagan 2. Fasilitas dan Keuntungan Pekerjaan

Graph 3

Apabila kita melihat bagan diatas, sekitar 44% responden yang berprofesi sebagai credit analyst mendapat bonus akhir tahun dan 25% diantara mereka dipinjamkan mobil milik perusahaan. Sayangnya, credit analyst tidak mendapat pembagian laba dan tidak mendapat jatah liburan di samping cuti tahunan selama 12 hari selama satu tahun kerja.

Untuk gaji dan fasiltas yang mungkin bisa kita dapatkan seperti yang tertera diatas, apa saja uraian pekerjaan seorang analis kredit/credit analyst? Pekerjaannya mencakup :

  • bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis semua data keuangan klien, seperti metode/kebiasaan membayar, pendapatan, informasi mengenai tabungan, dan aktivitas pembelian klien tersebut
  • mengevaluasi data dan merekomendasikan tindakan yang tepat bagi klien.

Contoh : seorang analis kredit yang bekerja di sebuah bank yang mengeluarkan kartu kredit akan mengumpulkan dan menganalisis data tentang klien yang telah melunasi atau yang gagal melunasi pembayaran mereka. Setelah menganalisis data, analis dapat merekomendasikan penutupan kartu atau mengurangi batas kartu kredit.

Semoga informasi dari Gajimu dapat membantu Anda dalam memilih pilihan karir yang tepat. Jangan lupa untuk mengisi Survei Gaji yang ada di Gajimu untuk membantu membuat hasil survey menjadi lebih akurat.

Sumber :

Gajimu. Survei Gaji