Abaikan, lanjutkan ke konten | Abaikan, lanjut ke navigasi

Anda di Beranda / Hukum Tenaga Kerja / Hak Maternal

 
Cuti Hamil

Pekerja perempuan berhak mendapat cuti melahirkan selama 1,5 (satu setengah) bulan masa istirahat sebelum waktu persalinan yang diperkirakan oleh seorang dokter kandungan atau seorang bidan dan 1,5 (satu setengah) bulan setelah persalinan tersebut. 


Pekerja perempuan juga dapat menentukan kapan cuti tersebut diambil, misalkan pekerja perempuan boleh memilih cuti selama 1 bulan sebelum melahirkan dan 2 bulan sesudah melahirkan sepanjang akumulasi waktunya tetap selama 3 bulan

Baca lebih lanjut : FAQ Mengenai Cuti Hamil

Pekerjaan yang Tidak Berbahaya

Pengusaha tidak diperbolehkan mempekerjakan pekerja/buruh wanita yang sedang hamil melakukan pekerjaan yang, menurut pendapat dokter, berisiko membahayakan kesehatannya atau membahayakan keselamatan dirinya dan keselamatan bayinya yang masih di dalam kandungan kalau bekerja antara pukul 11 malam sampai 7 pagi (Pasal 76 ayat (2) UU no.13/2003)

Baca lebih lanjut : FAQ Mengenai Hak Maternal dan FAQ Mengenai Shift Malam Bagi Pekerja Perempuan

Hak Untuk Kembali ke Posisi Yang Sama

Pengusaha dilarang memecat pekerja selama periode di mana dia menerima cuti hamil. Jadi, seorang pekerja perempuan memiliki hak untuk kembali ke pekerjaan dan posisi yang sama

Baca lebih lanjut : FAQ Mengenai Cuti Hamil

Pendapatan selama cuti hamil

Selama masa cuti melahirkan (3 bulan), pengusaha tetap wajib memberikan gaji kepada pekerja perempuan yang sedang cuti hamil.

Baca lebih lanjut : FAQ Mengenai Cuti Hamil

Jaminan Perlindungan Pekerjaan

Pengusaha dilarang memutus hubungan kerja seorang pekerja karena dia tidak masuk kerja dikarenakan hamil, melahirkan, mengalami keguguran, atau menyusui bayinya; pemutusan hubungan kerja apapun yang terjadi karena alasan seperti yang disebutkan itu dinyatakan tidak berlaku dan batal demi hukum (Pasal 153 ayat 1 UU No.13/2003)

Baca lebih lanjut : FAQ Tentang Hak Maternal

Perawatan Medis Gratis

Setiap pekerja berhak atas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan menyediakan perawatan medis komprehensif untuk pekerja dan keluarga mereka. Jenis-jenis layanan medis yang disediakan mencakup perawatan selama kehamilan dan persalinan (UU No.40 tahun 2004)

Baca lebih lanjut : FAQ Mengenai Hak Maternal

Hak Menyusui bagi Ibu Bekerja

Pekerja/buruh perempuan yang anaknya masih menyusui harus diberi kesempatan sepatutnya untuk menyusui anaknya jika hal itu harus dilakukan selama waktu kerja (Pasal 83 UU No. 13/2003)

Baca lebih lanjut : FAQ Mengenai Hak Maternal dan FAQ Mengenai Hak Menyusui bagi Pekerja Perempuan

Share |