Abaikan, lanjutkan ke konten | Abaikan, lanjut ke navigasi

Anda di Beranda / Hukum Tenaga Kerja / Jaminan Kerja

 
Surat Pemberitahuan Pemutusan Hubungan Kerja

Apabila pekerja ingin memngundurkan diri, pekerja harus memenuhi persyaratan pengunduran diri yaitu mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri, tidak terikat dalam ikatan dinas dan tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri. 

Baca lebih lanjut: FAQ Tentang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Status Pekerja Kontrak

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu yang didapat oleh pekerja kontrak tidak boleh dilakukan untuk jenis pekerjaan tetap dan hanya boleh dilakukan pada pekerjaan yang bersifat sementara, sekali pelaksanaan dan langsung selesai (Bab XI Undang-Undang No. 13/2003)

Baca lebih lanjut : FAQ Mengenai Perjanjian Kerja Waktu Tertentu

Uang Pesangon

Apabila terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha tentu diwajibkan membayar uang pesangon dan atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima kepada para pekerja yang diPHK. Berikut adalah artikel mengenai perhitungan uang pesangon : FAQ Tentang Uang Pesangon dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Perjanjian Kerja

Jika Anda diterima kerja di suatu perusahaan, Anda pasti akan diberikan surat perjanjian kerja/ kontrak kerja. Dalam kontrak kerja, kita dapat mengetahui syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban bagi pekerja dan pemberi kerja/pengusaha yang sesuai dengan Undang- undang ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia. 


Pekerja kontrak membuat perjanjian kerja dengan perusahaan sewaktu diterima bekerja dan pekerja diberikan salinan perjanjian kerja tersebut oleh perusahaan. 

Masa Percobaan

Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) untuk karyawan tetap dapat mensyaratkan adanya masa percobaan kerja (probation) selama paling lama 3 bulan. (Pasal 60 UU No.13/2003)

 

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) untuk karyawan kontrak tidak ada masa percobaan kerja (probation), bila disyaratkan maka perjanjian kerja BATAL DEMI HUKUM (Pasal 58 UU No. 13/2003)

Baca lebih lanjut : FAQ Mengenai Masa Percobaan
Share |