Pelecehan Seksual? Apa peran kita?

Bagaimana pengusaha dapat mengambil tindakan pencegahan terhadap pelecehan seksual yang terjadi di tempat kerja?

Setiap pengusaha (terlepas dari ukuran perusahaannya) harus menjaga agar tempat kerja selalu bebas dari pelecehan seksual. Di beberapa negara, hal tersebut adalah suatu kewajiban hukum, tetapi dalam semua kasus, tempat kerja yang aman dan bebas dari pelecehan adalah awal dari bisnis yang baik. Jika pelecehan seksual diperbolehkan berkembang di tempat kerja, akan ada harga yang harus dibayar sebagai contoh adalah menurunnya semangat dan produktivitas pekerja, dan tuntutan hukum. Selain itu, di beberapa negara, pengusaha harus bertanggung jawab jika pelecehan seksual terjadi dan ditemukan bahwa pengusaha tidak mengambil tindakan yang wajar untuk mencegah pelecehan seksual di tempat kerja.

Ada sejumlah langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko pelecehan seksual yang terjadi di tempat kerja. Ini adalah beberapa langkah yang disarankan :

A. Mengesahkan kebijakan pelecehan seksual yang jelas:

Harus ada kebijakan mengenai pelecehan seksual dalam buku pedoman bagi pekerja. Kebijakan tersebut dapat didasarkan pada hukum perundangan/peraturan yang berlaku di suatu negara, atau peraturan yang bersifat global. Kebijakan itu harus :

• Mendefinisikan pelecehan seksual • Menegaskan bahwa tindakan pelecehan seksual tidak akan ditoleransi • Menegaskan bahwa perusahaan akan mengambil tindakan disiplin terhadap pelaku pelecehan atau memecat pelaku pelecehan • Menetapkan prosedur yang jelas untuk mengajukan keluhan pelecehan seksual • Menjelakan bahwa setiap keluhan akan diselidiki sepenuhnya • Menjelaskan bahwa tidak akan ada toleransi bagi pelaku pelecehan yang melakukan pembalasan terhadap siapa pun yang mengeluh tentang pelecehan seksual. • Perlu diingat bahwa hanya dengan memiliki kebijakan pelecehan seksual tidaklah cukup – kebijakan tersebut perlu diimplementasikan melalui komunikasi, pendidikan/pelatihan dan penegakan hukum. Untuk contoh kebijakan pelecehan seksual, lihat di bawah bagian ini.

B. Langkah praktis yang dapat dilakukan di tempat kerja :

• Melatih pekerja : Melakukan sesi pelatihan rutin bagi karyawan. Sesi ini mengajarkan kepada pekerja mengenai apa itu pelecehan seksual, menjelaskan bahwa pekerja memiliki hak akan tempat kerja yang bebas dari pelecehan seksual, menjelaskan prosedur keluhan di perusahaan Anda, dan mendorong pekerja untuk menggunakannya. • Melatih supervisor dan manajer : Melakukan sesi pelatihan rutin bagi supervisor dan manajer yang terpisah dari sesi pelatihan pekerja. Sesi ini mengajarkan para manajer dan supervisor tentang pelecehan seksual dan menjelaskan bagaimana menangani keluhan. • Memantau tempat kerja : Pengusaha (dan supervisor dan manajer) ha bersosialisasi dengan pekerja secara berkala. Mereka harus berbicara kepada pekerja tentang lingkungan kerja. Mereka harus mengawasi apakah adan poster atau bahan lain kerja lainnya yang bersifat menyinggung. Jalur komunikasi antara pengusaha dan pekerja harus terbuka. • Tanggapi semua keluhan secara serius : Jika seseorang mengeluh tentang pelecehan seksual, harus ada tindakan langsung untuk menyelidiki keluhan. Jika keluhan ternyata valid, respon harus cepat dan efektif.

Apa yang dapat dilakukan oleh karyawan/pekerja untuk mencegah pelecehan seksual?

Karyawan/pekerja dapat :

• Bersikeras bahwa tempat kerja mereka harus memiliki kebijakan mengenai pelecehan seksual • Pastikan bahwa pekerja mengetahui apakah perusahaan mereka memiliki kebijakan yang mengatur mengenai pelecehan seksual • Pastikan bahwa kebijakan tersebut diketahui dan dipahami oleh rekan kerja, supervisor dan manajer • Jika perlu, pekerja dapat mengatur sesi pembahasan dan diskusi kebijakan antar rekan kerja • Pastikan bahwa prosedur pelaporan pelecehan seksual telah dilaksanakan secara benar • Laporkan insiden pelecehan seksual

Apa yang dapat saya lakukan apabila saya dilecehkan secara seksual?

Terkadang pelecehan seksual dapat membingungkan, atau menakutkan. Anda mungkin tidak tahu langkah-langkah apa yang harus diambil untuk menghentikan atau melaporkan pelecehan seksual. Anda mungkin khawatir tentang keamanan pekerjaan Anda, atau tentang pendapat rekan-rekan Anda jika Anda melaporkan hal tersebut. Ini adalah reaksi umum. Apakah Anda telah dilecehkan terus menerus dalam jangka waktu yang lama, atau mengalami pelecehan seksual yang singkat dan mengejutkan, keduanya tentu sama-sama tidak menyenangkan. Penting untuk Anda ingat bahwa - Anda memiliki hak untuk bekerja dalam lingkungan di mana hal ini TIDAK BOLEH terjadi.

Beberapa panduan :

Jika pelaku tampaknya tidak tahu bahwa apa yang dia telah dilakukan adalahhal yang tidak pantas atau tidak diinginkan, maka Anda dapat berbicara pada mereka agar mereka tahu apa yang Anda tidak suka tentang perilaku mereka. Anda dapat melakukan ini sebagai bentuk peringatan, sebelum mengambil langkah-langkah lain. Anda juga dapat meminta rekan atau atasan untuk duduk dengan Anda saat Anda berbicara dengan pelaku, atau bahkan meminta mereka untuk berbicara atas nama Anda. Ini adalah pilihan Anda. Pelaku kemudian tidak punya alasan jika mereka terus melakukan perilaku/tindakan yang membuat Anda tidak nyaman.

Jika pelecehan seksual telah terjadi dan tempat kerja Anda memiliki kebijakan tentang pelecehan seksual, maka pastikan Anda mengikuti pedoman tata cara pelaporan pelecehan seksual tersebut. Pastikan Anda meminta bantuan dari orang yang benar untuk mendukung Anda melalui proses ini.

Pastikan Anda mengumpulkan rincian sebanyak mungkin mengenai tindakan pelecehan seksual tersebut (waktu, tempat, dll) dan jika saksi atau bukti yang diperlukan (gambar yang tidak pantas dll).

Jika perusahaan Anda tidak mengatur prosedur tata cara pelaporan pelecehan seksual, maka Anda dapat menyampaikan keluhan/laporan Anda ke atasan langsung Anda. Jika atasan Anda adalah individu yang melakukan pelecehan, ajukan keluhan kepada atasan dari atasan langsung Anda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa manajemen perusahaan Anda menyadari akan adanya pelecehan.

Sudah menjadi tugas pengusaha untuk menyediakan tempat kerja yang aman. Jika pelaporan Anda dibalas oleh pelaku atau Anda terus diganggu/dilecehkan, laporkan kembali.

Jika tempat kerja Anda tidak menangani kasus pelecehan dengan memuaskan, Anda mungkin dapat mengurus masalah ini di luar tempat kerja, dengan melaporkan ke pihak berwajib dan mengajukan tuntutan pidana atau perdata resmi terhadap pelaku.

Hal yang sama berlaku jika Anda adalah seorang wirausahawan dan telah dilecehkan secara seksual oleh klien atau pelanggan, misalnya. Anda dapat mengajukan tuntutan pidana atau perdata resmi terhadap pelaku.

Anda juga dapat mencari bantuan dari serikat pekerja jika Anda adalah anggota serikat pekerja

Jika Anda berada di negara yang mempunyai hukum perundang-undangan, maka Anda dapat mengajukan gugatan perdata atas cedera yang Anda derita karena pelecehan seksual. Anda tidak perlu untuk menunjukkan luka fisik. Cedera yang paling umum dalam kasus pelecehan seksual adalah luka emosional yang diderita oleh korban.

Jika gugatan pelecehan seksual Anda sukses, Anda dapat meminta ganti rugi yang termasuk :

• Dipekerjakan kembali, jika Anda sempat kehilangan pekerjaan karena kasus pelecehan seksual • Pembayaran ganti rugi saat Anda kehilangan gaji atau hilang kesempatan untuk mendapat kenaikan gaji • Manfaat atau tunjangan yang hilang • Kerugian akibat tekanan emosional • Persyaratan bahwa perusahaan Anda harus memiliki kebijakan atau pelatihan untuk menghentikan tindakan pelecehan • Kerugian akibat biaya pengacara dan pengadilan

Apa yang dapat dilakukan oleh teman dan keluarga Anda untuk membantu Anda?

Terkadang sulit bagi korban untuk memberitahukan kasus pelecehan yang mereka alami di tempat kerja kepada teman, keluarga maupun pasangan. Dalam beberapa kasus ada stigma yang melekat (seperti " korban yang memang meminta untuk dilecehkan") sementara dalam kasus lain korban mungkin merasa hancur secara emosional dan fisik (banyak kasus perkosaan dilaporkan sebagai bagian dari pelecehan seksual di tempat kerja).

Penting bagi korban pelecehan untuk dapat merasa dapat berbicara tentang pengalaman yang mereka alami, mendapat informasi yang dibutuhkan, dan mendapat dukungan emosional dan praktis

Beberapa organisasi perempuan dan organisasi penanganan kasus perkosaan akan menyediakan pelayanan ini. Sesi konseling dan terapi akan sangat membantu

Jika memungkinkan, Anda dapat berbagi cerita kepada keluarga atau teman, biarkan mereka mengerti keadaan dan perasaan Anda, dan bagaimana Anda menyikapinya. Jangan menyimpan masalah Anda sendiri

Mungkin akan butuh waktu lama untuk pulih dari pelecehan seksual. Bersabarlah, dan cari bimbingan dan bantuan jika Anda membutuhkannya.

Jika seseorang yang Anda kenal telah menjadi korban pelecehan seksual, cobalah untuk terus memberikan dukungan padanya. Dengarkan mereka. Cari tahu apa pilihan yang tersedia bagi mereka. Sadari bahwa mereka memiliki pengalaman yang sama sekali tidak diinginkan, tidak nyaman dan memiliki potensi berbahaya yang mana mereka memiliki hak untuk dilindungi. Biarkan mereka tahu bahwa mereka memiliki dukungan Anda.

Persiapkan diri Anda

Jelas tidak mungkin untuk mengetahui kapan atau di mana pelecehan seksual bisa terjadi - semua situasi berbeda. Yang dapat dilakukan adalah selalu waspada dan mengambil tindakan pencegahan. Namun, tidak ada cara yang mudah untuk mencegah pelecehan seksual - kita hanya bisa waspada dan berhati-hati. Jika Anda menemukan diri Anda berada dalam situasi di mana seseorang menekan Anda, ingat bahwa itu bukan kesalahan Anda. Tips dibawah ini dapat membantu Anda keluar situasi tersebut dengan aman.

Tips : Di tempat kerja

Petunjuk pertama adalah tegas dan berani menghadapi pelaku pelecehan

Ungkapkan kalimat langsung dan tegas seperti "Saya tidak nyaman ketika Anda__" kalimat seperti itu biasanya berhasil

Jika Anda curiga akan perilaku seseorang, buat catatan yang sangat rinci dari insiden tersebut. Jika Anda sama sekali tidak nyaman, maka ada sesuatu yang salah. Jika perilaku berlanjut terus berlanjut, laporkan!

Jika Anda tidak nyaman atau mencurigai perilaku yang tidak pantas dari rekan kerja/atasan/ klien /etc, cobalah untuk tidak sendirian di ruangan yang sama dengan orang tersebut. Jika perlu, bawa satu atau dua kolega yang lain

Jika Anda tidak merasa nyaman dengan situasi tertentu, cari alasan dan cepat pergi meninggalkan ruang tersebut. Atau Anda dapat mencari rekan kerja untuk bergabung dengan Anda, sehingga Anda tidak sendiri

Jika Anda merasa terancam oleh situasi yang berbahaya, jangan ragu untuk berteriak minta tolong - tindakan itu bisa mengubah hal-hal secara drastis.

Tips : Saat bepergian

Jika Anda harus bertemu klien sehingga harus melakukan perjalanan jauh untuk kebutuhan pekerjaan, pastikan bahwa teman-teman atau keluarga tahu mana Anda akan pergi, bagaimana Anda akan bepergian, dan di mana Anda akan tinggal. Berbagi informasi perjalanan Anda dengan mereka.

Pastikan keluarga Anda memiliki rincian kontak Anda, dan pastikan bahwa ponsel Anda atau bentuk komunikasi lainnya dapat diakses dan terisi penuh.

Pastikan Anda dapat mengirim pesan dengan cepat

Buat diri Anda terbiasa dengan tempat tujuan Anda (lakukan riset online sebelum Anda bepergian, dll).

Patikan Anda dapat meninggalkan tempat tersebut dengan mudah, dan transportasi selalu tersedia

Jika Anda bepergian jauh dari kota atau negara asal Anda, cari tahu nomor-nomor darurat yang mungkin Anda butuhkan di tempat Anda tinggal (nomor polisi lokal misalnya).

© WageIndicator 2017 - Apabila mengutip halaman ini, cantumkan pada daftar sumber/referensi tulisan Anda - Gajimu.com - Pelecehan Seksual : Pertolongan