Abaikan, lanjutkan ke konten | Abaikan, lanjut ke navigasi

Anda di Beranda / Tips Karir / Tentang Wanita / Apa Kita Bisa Miliki Karir dan Penghasilan Yang Lebih Baik?

 

Apa Kita Bisa Miliki Karir dan Penghasilan Yang Lebih Baik?

Setiap pekerja berhak memiliki peluang untuk mengembangkan karirnya. Apa kita bisa memiliki karir dan kondisi kerja yang lebih baik? Irma adalah sahabat DFL yang sukses memperbaiki karir, penghasilan dan kondisi kerjanya menjadi lebih baik

Ketika memulai langkah memasuki dunia kerja, mungkin kita akan membayangkan perjalanan karir yang mulus dan lancar. Namun terkadang harapan dan kenyataan tidak selalu seiring berjalan. Lalu apa kita bisa miliki karir, penghasilan dan kondisi kerja yang lebih baik? Jawabannya kita BISA. Contohlah Irma Nalurita, seorang sahabat Decision For Life (DFL) yang memperjuangkan masa depan karir dan kondisi kerja yang lebih baik.

Saat DFL pertama kali menemui Irma atau akrab dipanggil dengan nama Ime, Ime sudah bekerja selama 3 tahun sebagai produser di suatu Production House (PH) di kawasan Jakarta Selatan. Saat itu, kondisi kerja Ime sangatlah memprihatinkan. Selama 3 tahun bekerja, Ime tidak pernah sekalipun menerima perjanjian kerja.

Bukan hanya tidak menerima perjanjian kerja, akan tetapi Ime juga tidak pernah menerima uang lembur, uang Tunjangan Hari Raya (THR), tidak juga diberikan asuransi kesehatan. Padahal Ime sudah bekerja mati-matian sampai tengah malam. Ada kalanya Ime bekerja 15 – 18 jam sehari, hampir 10 jam lebih dari jam kerja yang seharusnya yang sesuai UU yaitu 8 jam kerja/hari. Untuk jam lemburnya selama 10 jam tersebut, Ime tidak pernah sekalipun menerima uang lembur. Karena memang tidak adanya perjanjian kerja tertulis yang mengikat, sulit bagi Ime untuk memperjuangkan hak-nya.

Miris rasanya saat tim DFL mendengar cerita Ime. Sahabat-sahabat DFL yang lain pun berusaha memberi nasihat dan dukungan yang tak henti terhadap Ime, sampai akhirnya Ime memutuskan dan memberanikan diri untuk mengundurkan diri dari perusahaan Production House tersebut.

Setelah keputusan dadakannya itu, Ime sempat menganggur selama kurang lebih 3 bulan. Ime pun ditolong oleh sahabat DFL lain yang mendengar cerita Ime, Ime ditawarkan untuk bekerja di salah satu stasiun TV swasta yang cukup besar di Indonesia. Karir dan kondisi kerjanya pun jauh lebih baik. Saat ini, Ime sudah bekerja selama 1,5 tahun di stasiun TV swasta tersebut. Statusnya pun sudah menjadi karyawan tetap dan Ime bertanggung jawab sebagai produser 2 program acara jalan-jalan dan olahraga. Dia telah menerima 2 kali kenaikan gaji, Ime juga mendapatkan fasilitas yang menjadi hak-nya seperti uang THR, bonus, dan asuransi kesehatan. Meskipun Ime sering mendapat jatah kerja lembur akan tetapi jam kerjanya masih dalam batas normal. Dan yang terpenting adalah Ime sangat senang menjalani pekerjaannya, meskipun sibuk, Ime tetap selalu tersenyum dan terlihat bahagia.

Tim DFL tentunya sangat bangga melihat perubahan yang signifikan dari karir dan kehidupan Ime. Mudah-mudahan pengalamannya akan menjadi motivasi bagi sahabat-sahabat DFL lain untuk tidak pernah menyerah dalam memperjuangkan karir dan kondisi kerja yang lebih baik.

Sumber :Wawancara dengan Irma Nalurita, produser program di stasiun TV swasta

 

 

Berapa gaji Kamu ? Silakan isi di Survei Gaji

 

 

Share |