Wanita: Bagaimana cara melamar pekerjaan?

Apa pekerjaan yang tipikal bagi perempuan?

Tidak ada batas antara pekerjaan laki-laki dan perempuan. Pada prakteknya perbedaan yang terjadi bermuara dari pekerjaan di mana perempuan bekerja di pekerjaan dengan mayoritas laki-laki. Dari sudut pandang ini, pekerjaan tipikal bagi para perempuan antara lain adalah : pekerja rumah tangga, pengasuh, perawat, pelayan toko, pelayan, kasir, guru, sekretaris, resepsionis, petugas administrasi atau operator logistik. Upah yang diterima untuk jenis pekerjaan ini relatif rendah dan posisi jabatan menawarkan sedikit sekali ruang agar karir tumbuh lebih lanjut. Sebaliknya ada beberapa pekerjaan dan posisi di mana perempuan dengan pendidikan tinggi unggul dan dibayar dengan baik: pengacara dan hakim, PR dan pemasaran, komunikasi dan pakar media.

Lakukan Cek Gaji di situs ini untuk mengetahui dan membandingkan kisaran gaji dari beberapa macam jenis pekerjaan

Apa sektor kerja yang tipikal bagi perempuan?

Sama halnya dengan jenis pekerjaan, tidak mudah untuk menentukan dengan tepat sektor kerja untuk laki-laki dan perempuan. Akan tetapi bisa kita lihat bahwa perempuan rata-rata mendominasi sektor kerja kebersihan, perawatan (kesehatan), hotel dan katering, retail, pendidikan dan pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi dan kesekretariatan

Lakukan Cek Gaji di situs ini untuk mengetahui dan membandingkan kisaran gaji dari beberapa macam jenis pekerjaan

Apakah ada perbedaan upah antara sektor kerja laki-laki dan perempuan?

Dikarenakan sektor kerja yang didominasi laki-laki, keberadaan laki-laki mengalahkan perempuan yang dipekerjakan di sektor tersebut, maka tingkat upah di sektor kerja laki-laki lebih tinggi dibanding dengan sektor kerja yang didominasi perempuan

Lakukan Cek Gaji di situs ini untuk mengetahui dan membandingkan kisaran gaji dari beberapa macam jenis pekerjaan

Apakah perusahaan multinasional membayar upah lebih baik?

Perusahaan multinasional hampir selalu adalah perusahaan saham yang besar. Karena mereka merupakan perusahaan besar maka mereka membayar karyawannya dengan upah lebih baik. Kekurangannya adalah mereka membutuhkan karyawan mereka untuk kerja dalam waktu yang lama; dan jam kerja lembur yang melebihi jam kerja seharusnya ini biasanya tidak dikompensasi dengan upah lembur. Bagian dari pendapatan yang mereka tawarkan dapat terdiri dari keuntungan sahan dan / atau bonus tahunan, mungkin dibayar dalam bentuk saham perusahaan.

Apakah ada perbedaan upah antara sektor publik dan swasta?

Secara umum perbedaan upah di sektor publik cenderung lebih kecil daripada di sektor swasta. Pekerjaan paling berkualitas di sektor publik biasanya dibayar agak lebih baik, dan pekerjaan atas agak kurang bila dibandingkan dengan sektor swasta.

Apakah sektor kerja perempuan lebih menguntungkan bagi orang tua yang bekerja?

Sektor kerja yang didominasi perempuan menawarkan lebih (banyak) kerja paruh waktu dan pekerjaan dalam jumlah kecil. Selain itu, sektor kerja ini menawarkan jam kerja yang fleksibel.

Mengapa kontrak kerja tetap harus lebih diutamakan?

Kontrak kerja tetap biasanya membayar upah yang lebih baik dibandingkan dengan kontrak kerja waktu tertentu atau kontrak kerja yang fleksibel. Tentunya tidak semua jenis pekerjaan akan diberikan kontrak kerja tetap, akan tetapi dengan adanya kontrak kerja tetap maka status pekerjaan akan lebih terjamin.

Apa isi yang dibutuhkan untuk membuat kontrak yang baik?

Kontrak kerja selalu menyebutkan nama dan alamat pihak kontraktor, tanggal dimulai dan berakhirnya kontrak (periode kontrak), upah atau gaji, jam kerja, jenis pekerjaan, masa percobaan dan pemberitahuan. Agar menjadi sah, sebuah kontrak harus ditandatangani oleh kedua belah pihak yang bersangkutan, dalam hal ini pekerja dan pengusaha

Bagaimana menghargai kondisi kerja sekunder (pengeluaran yang berkaitan dengan pekerjaan, mobil kantor, handphone gratis, kesempatan mendapat pelatihan, dll)

Selain gaji dan jam kerja, kontrak kerja biasanya juga berisi kondisi kerja sekunder. Seringkali ini tidak dihargai dalam bentuk uang, namun bernilai uang. Contoh dari kondisi kerja sekunder adalah : penggantian biaya yang berhubungan dengan pekerjaan, (sewa) mobil atau handphone gratis, akses ke pelatihan kerja,cuti berbayar, upah di atas UMP, jam kerja yang fleksibel, pilihan untuk bekerja dari rumah, dll

Apa yang harus dimasukkan dalam CV?

  • Nama dan alamat pribadi Anda
  • Update terakhir dari CV Anda
  • Pendidikan dan pelatihan yang pernah Anda ikuti, bukan hanya yang terkait dengan pekerjaan
  • Kegiatan sosial sebagai tanda komitmen Anda, termasuk pekerjaan sukarela dan magang
  • Kemampuan bahasa, aktif dan pasif (mampu membaca dan memahami)
  • Keterampilan komputer
  • Media sosial mengetahui bagaimana menggunakannya agar bermanfaat

Untuk lebih lanjut tentang CV cek Monster.com

Apa yang dapat menjadikan surat lamaran Anda menjadi bagus?

Sebuah surat lamaran akan menyertai CV Anda. Surat lamaran harus singkat dan pendek. Surat lamaran akan memberikan informasi mengenai motivasi pribadi pelamar kerja, membuat jelas bahwa Anda memahami apa fungsi pekerjaan atau posisi yang ditawarkan oleh perusahaan pemberi kerja. Anda harus bisa menempatkan diri pada posisi perusahaan, memahami kebutuhan dan / atau tuntutan perusahaan, sehingga Anda dapat memberikan kualitas yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perusahaan. Surat itu harus sesuai dengan standar yang biasa, diberi tanggal dan ditandatangani, bahkan surat tersebut dikirim lewat email (yang sudah sering dilakukan saat ini)

Untuk lebih lanjut tentang surat lamaran cek Monster.com

Apakah penampilan berperan besar?

Penampilan yang bersih dan rapi tentunya akan berperan dalam melamar pekerjaan. Datanglah ke tempat wawancara kerja dengan pakaian yang bersih dan rapi.

Jangan malu-malu untuk bertanya kepada teman dan keluarga apakah pakaian, gaya rambut, aksesoris apa yang cocok untuk dikenakan saat wawancara kerja.

Mengapa harus menegosiasikan gaji Anda?

Semua orang bebas untuk bernegosiasi, negosiasi gaji adalah tindakan yang tepat untuk dilakukan. Untuk itu sebelum melakukan negosiasi gaji dengan perusahaan, siapkan diri Anda dengan berkonsultasi dengan teman, keluarga, kolega dan mencari tahu informasi secara online. Anda bisa menggunakan situs ini untuk memeriksa kisaran gaji untuk jenis pekerjaan tertentu. Anda juga bisa mencari informasi mengenai hak pekerja maupun contoh Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Buatlah daftar mengenai apa yang penting untuk Anda dapatkan dan apa yang tidak terlalu penting. Berlatihlah sebelum Anda bernegosiasi dengan perusahaan.

Sadarlah bahwa hasil dari negosiasi tersebut penting. Meskipun pertemuan yang baik dan lancar dengan pihak perusahaan tetapi tidak menghasilkan hasil yang tertera dalam kontrak, menjadi tidak penting.

Pendapat bahwa perempuan tidak harus bernegosiasi benar-benar pendapat masa lalu. Di banyak negara, di banyak perusahaan besar, perempuan sudah berada di posisi jabatan bagian atas. Mengapa mereka bisa naik ke jabatan tinggi? Karena mereka bernegosiasi.

Penilaian prestasi kerja dan perbedaan upah

Dalam perusahaan besar, penilaian prestasi kerja sudah menjadi hal biasa. Penilaian ini harus ditanggapi dengan serius, karena pendapatan dan karir Anda akan bergantung pada penilaian tersebut. Cek Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan/atau peraturan perusahaan sebelumnya. Momen dimana penilaian prestasi kerja dilakukan adalah saat ideal bagi Anda apabila ingin bernegosiasi untuk kesempatan yang lebih banyak dan posisi yang lebih tinggi. Untuk itu yang perlu Anda lakukan adalah : buat daftar apa yang Anda inginkan, upah yang lebih tinggi, cuti yang lebih banyak, akses ke pelatihan kerja?

Sadarilah bahwa setiap langkah kecil ke depan selama negosiasi ini adalah anak tangga menaiki tangga karir, dan terus menambah jumlah kumulatif selama bertahun-tahun ke depan.

Mengapa bernegosiasi tentang upah dalam pekerjaan kecil?

Pekerjaan kecil bukan berarti tidak penting karena kecil. Ketika mempersiapkan negosiasi, periksa apakah ada kemungkinan untuk mendapat posisi yang lebih tinggi atau mendapat tanggung jawab yang lebih. Cobalah untuk melihat apakah perusahaan/pengusaha akan menawarkan kesempatan pelatihan, skema manfaat pensiun, upah lembur, kompensasi penggantian upah yang berhubungan dengan pekerjaan, manfaat untuk anak, dll.

© WageIndicator 2017 - Apabila mengutip halaman ini, cantumkan pada daftar sumber/referensi tulisan Anda - Gajimu.com - Wanita: Bagaimana cara melamar pekerjaan?